Sepak Bola Inggris dan Kita


         
          Gila sepak bola benar-benar menyedot energi sebagian umat di negri ini. Tapi sayangnya energi yang tersedot harus keruh karena suasana kacau balau yang tengah mendera persepakbolaan Indonesia. Mulai dari kaum elite yang menggunakan politik brutal untuk mengklaim pemegang kanal resmi sepak bola Indonesia, hingga kaum menengah ke bawah yang seakan tak ingin ketinggalan atas aksi brutal. Beberapa bulan yang lalu, aksi kerusuhan dan kebrutalan terjadi pada sporter Persela Lamongan, Sriwijaya FC, Persibo Bojonegoro, dan yang baru-baru ini, juga terjadi pada sporter fanatik PSS Sleman dan Persib Bandung. Kemudian wajar jika kita bertanya, kapan persoalan-persoalan negatif ini akan berakhir?  

            Jika kita melihat perkembangan sepak bola Indonesia dari berbagai segi, baik itu infrastruktur, sistem, prestasi, bahkan pencinta sepak bola tanah air, memang mengalami perkembangan yang sangat hebat, tapi perkembangan itu tidak dibarengi dengan solusi-solusi cerdas, sehingga berakibat fatal pada hilangnya kebutuhan untuk dapat hidup harmonis antara sesama pencinta sepak bola. Tidak salah jika kejadian-kejadian negatif terus berulang dan menggrogoti nuansa persepakbolaan Indonesia.
            Kita semua harusnya mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Inggris terhadap persepakbolaan meraka. Sejak terjadinya kekacauan di Wesle dan Hegel, pemerintah Inggris cepat menggambil langkah tegas dan melakukan banyak sekali perubahan seperti pembenahan stadion, fasilitas penunjang, sistem keamanan yang berlapis, hukuman yang berat bagi para perusuh, semua ini menjadi solusi cerdas untuk menganggkat moral dan prestasi sepak bola. Meski hal-hal negatif tidak terhapus tuntas, setidaknya mampu meredam kebrutalan suporter. Hasil dari solusi cerdas ini dapat kita lihat bersama, bagaimana moral persepakbolaan Inggris bisa terangkat, prestasi yang membanggakan, bahkan setiap minggu malam kita dapat menyaksikan keharmonis semua lapis usia dalam menikmati jalanya pertandingan tanpa pagar pembatas.
            Solusi cerdas lah yang mampu menjawab semua masalah yang tengah mendera persepakbolaan Indonesia. Semoga semua pihak yang berwenang dalam pengambilan kebijakan mampu bekerja maksimal dengan menggedepankan solusi-solusi cerdas yang tidak lagi menimbulkan pertanyaan atau kontrofersi di kemudian hari. Sehingga politik kotor, kerusuhan, kebrutalan, dan hal-hal negatif lainya dapat diminimalisir, yang pada akhirnya pencinta sepak bola Indonesia dapat kembali menikmati jalannya pertandingan dengan penuh ketentraman dan keharmonisan.

0 komentar:

Posting Komentar